Produk BMT

26 Feb

Produk BMT

Bidang usaha KSPPS Harapan Ummat masih terfokus pada satu unit usaha yaitu Baitul Maal wat Tamwil yang memberikan pelayanan simpanan dan pembiayaan syari’ah dengan menerapkan sistem syari’ah, dimana produknya antara lain:

1. Jenis Produk Simpanan :
a. Simpanan Sukarela (Sirela)
Simpanan ini seperti tabungan pada umumnya tanpa ada batas minimal setoran dan tanpa biaya administrasi. Simpanan bisa diambil setiap saat oleh anggota/calon anggota baik melalui staf marketing maupun pada kantor kas. Prinsip yang digunakan adalah akad mudharabah dengan bagi hasil yang dihitung berdasarkan rata-rata saldo simpanan setiap bulan, dimana nisbahnya penyimpan:BMT adalah 33:67

b. Simpanan Pelajar (Simpel)
produk simpanan bagi para pelajar. Produk ini ditawarkan utamanya kepada sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan BMT Harapan Ummat Sidoarjo. Simpel hanya bisa diambil oleh nasabah pada setiap pergantian semester. Akad yang diterapkan adalah mudharabah. Nisbah 35:65

c. Simpanan Qurban (Si Qurban)
Sesuai dengan namanya, simpanan ini diperuntukan bagi para muslimin yang ingin berqurban ketika idul adha. BMT Harapan Ummat menawarkan bantuan pengadaan hewan qurban bagi para penyimpan sekaligus penyalurannya. Setoran awal minimal sebesar Rp100.000,- (seratus ribu rupiah) dan hanya bisa diambil menjelang Idul Adha. Menggunakan akad mudharabah dengan nisbah 35:65

d. Simapanan Sakinah Mawaddah wa Rohman (Samara)
Simpanan ini untuk para pemuda muslim/muslimah yang belum menikah. BMT Harapan Ummat Sidoarjo juga menawarkan pelayanan konsultasi persiapan pernikahan secara gratis bagi para pemilik simpanan ini. Akad yang digunakan adalah mudharabah dengan nisbah 35:65

e. Simpanan Idul Fitri (Si Fitri)
Pasar utama produk ini adalah kelompok pengajian ibu-ibu dan PKK ibu-ibu di lingkungan RT/RW sekitar kantor BMT Harapan Ummat Sidoarjo. Rata-rata setiap kelompok beranggotakan 25 (dua puluh lima) orang dengan setoran tetap per minggu untuk masing-masing orang sebesar Rp 10.000,00 (sepuluh ribu rupiah) atau kelipatannya minimal selama 45 minggu. Produk ini menggunakan akad wadi’ah sehingga tidak ada kewajiban bagi BMT untuk memberikan tambahan berupa bagi hasil. Namun BMT memberikan bonus berupa parcel lebaran pada waktu pencairan di bulan Ramadhan.

f. Simpanan Umroh (Si Umroh)
BMT Harapan Ummat Sidoarjo bekerja sama dengan salah satu biro perjalanan ibadah umroh dengan menawarkan produk ini kepada masyarakat. Bagi para penyimpan yang telah memiliki saldo Simpanan Umroh sejumlah Rp 10.000.000,00 berhak untuk menunaikan ibadah umroh dengan dana talangan untuk menutupi kekurangan biaya yang dibutuhkan. Akad yang digunakan untuk Simpanan Umroh adalah wadi’ah. Sedangkan jasa atas pelunasan ke biro perjalanan dikenakan ujroh (fee) tertentu.

f. Simpanan Sukarela Berjangka (Sisuka)
Produk ini serupa dengan deposito pada bank dengan setoran minimal Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) dengan pilihan jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Akad yang diterapkan adalah mudharabah.
* Nisbah 1 bulan > 35:65
* Nisbah 3 bulan > 40:60
* Nisbah 6 bulan > 45:55
* Nisbah 12 bulan > 50:50

2. Jenis Layanan Pembiayaan :
a. Musyarokah

  • Adalah akad kerja sama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha di mana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana dengan kesepakatan bahwa keuntungan dan resiko akan ditanggung bersama sesuai kesepakatan.
  • Pembiayaan ini diberikan kepada para pelaku usaha mikro dan kecil, sebagian besar pedagang pasar, yang membutuhkan tambahan modal. BMT berhak memperoleh bagi hasil atas laba yang diperoleh dengan nisbah tertentu.
  • Untuk pembiayaan lebih dari Rp1.000.000,- (satu juta rupiah) HARUS disertai agunan berupa aset yang minimal senilai besarnya pembiayaan.

b. Mudharobah

  • Adalah akad kerjasama antara dua pihak dimana pihak pertama (BMT) menyediakan modal dan pihak kedua (nasabah) menjadi pengelola.
  • BMT Harapan Ummat Sidoarjo memberikan pembiayaan ini bagi seorang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan untuk menjalankan sebuah usaha namun tidak memiliki modal. BMT memperoleh hak bagi hasil dengan nisbah yang telah disepakati. Pembiayaan jenis ini biasanya bersifat jangka pendek atau proyek.

c. Murobahah

  • Adalah jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan (profit margin) yang disepakati.
  • Nasabah yang ingin membeli suatu barang tertentu namun tidak memiliki uang atau terbatas uang yang dimilikinya dapat mengajukan pembiayaan dengan akad ini. BMT berhak atas margin tertentu sesuai dengan kesepakatan.
  • Jika pembelian barang yang dipesan nasabah akan dilakukan sendiri oleh nasabah, maka HARUS dibuat akad wakalah terlebih dahulu.

d. Multijasa
Pembiayaan ini merupakan jasa yang ditawarkan BMT Harapan Ummat Sidoarjo untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada pihak ketiga untuk dan atas nama nasabah. BMT meminta sejumlah upah tertentu kepada nasabah atas jasa pembayaran ini.

e. Rahn
Bagi Anda pemilik emas murni, dapat menggadaikan emas Anda untuk pembiayaan. Kami akan memberi pembiayaan sesuai taksiran harga emas yang Anda bawa. Biaya penitipan dihitung per 15 hari hanya 0,75% dari taksiran harga emas yang Anda bawa.

Leave a Reply